Tuwing Tuwing

Sabtu, 16 Februari 2013

Aksi bakar diri, From Tunisia to Mesir to Aljazair to Indonesia


Aksi bakar diri, From Tunisia to Mesir to Aljazair to Indonesia

Aksi bakar diri pada Rabu 7 Desember 2011 terjadi di depan Istana Negara, Jakarta. Motif dan tujuan bakar diri dari laki-laki umur 40-an itu masih belum diketahui. Hampir 90% dari tubuhnya terbakar. Bahkan diperkirakan umurnya hanya lima hari.
Sungguh sangat disayangkan, walaupun kita belum mengetahui motifnya, tapi semoga saja ada niat yang baik di dalam aksinya.

Masih ingat aksi bakar diri di Tunisia?
aksi bakar diri Muhammed Bouazizi, pedagang sayuran berusia 26 tahun pada 17 Desember 2010, karena polisi menggaruk dagangannya. Bouazizi yang meninggal beberapa minggu setelah itu, kemudian menjadi martir bagi para mahasiswa dan para penganggur yang memprotes kondisi kehidupan rakyat mereka yang miskin.
Aksi dari Muhammed Bouazizi kemudian ditiru oleh demonstran di beberapa negara tetangganya.

Aksi Bakar Diri di Mesir
Seorang pria Mesir membakar dirinya sendiri di depan gedung parlemen negeri itu sebagai upaya protes terhadap kemiskinan yang akut di negeri para firaun tersebut. Kemudian aksi di Mesir ini ditiru oleh demonstran di Aljazair.

Aksi Bakar Diri di Aljazair
Tak hanya di Mesir, protes serupa terjadi juga di Aljazair. Dalam lima hari, setidaknya empat orang Aljazair berdemonstrasi menentang rezim dengan membakar diri.
Semoga aksi yang dilkukan di depan istana tersebut, tidak menyebar sampai seperti yang terjadi di Tunisia, Mesir, dan aljazair.


0 komentar:

Posting Komentar

Qurrotul Ayuni. Diberdayakan oleh Blogger.

.

© MeleK Nulis, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena